Harmoni Informasi Kota Surabaya

Harmoni Informasi Kota Surabaya

 

Masyarakat Surabaya kini kian mudah memeroleh informasi seputar kota mereka. Layanan Informasi Pemerintah Kota Surabaya (LIPS) yang mengusung konsep stand up and drive thru information secara resmi telah dimulai pelayanannya Senin (28/11) lalu.

 

“Ruangan ini memang didesain lebih praktis, masyarakat yang ingin tahu dan ingin mendapatkan informasi bisa masuk, menggali informasi yang dibutuhkan, kemudian keluar ruangan dengan mendapatkan jawaban yang diinginkan. Sehingga pengunjung tidak menghabiskan waktu terlalu lama di dalam ruangan seperti halnya sistem drive thru pada restoran cepat saji,” ujar Nanis Chairani, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya ketika ditemui Komunika di sela acara peluncuran LIPS.

Menariknya, informasi yang disajikan di LIPS tak lagi berbentuk lembaran kertas dan atau disampaikan secara lisan. Namun, semua data sudah dalam bentuk digital. Malah, beberapa disajikan dalam bentuk tayangan audio visual melalui layar.

Tak hanya itu, LIPS yang berkantor di Bagian Humas Kota Surabaya, Jl. Jimerto 6-8 Surabaya ini, juga memiliki komputer dengan dua sisi yang terkoneksi dengan internet. Satu sisi komputer terhubung dengan infokus, sehingga tampilannya dapat dilihat pada “electric screen”.

Pada sisi lainnya, sebuah layar sentuh dapat digunakan untuk mengakses bank data Pemkot Surabaya. Bank data tersebut berisi kumpulan informasi yang dihimpun dari seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Surabaya seperti lokasi obyek wisata, profil taman kota, persyaratan pengurusan perizinan, dan lainnya. Pengunjung dapat menggali sendiri informasi yang diinginkan dengan menyentuh menu pada layar.

“Kalau bicara internetisasi dan digitalisasi, Surabaya sudah jadi “buah bibir” sejak 2003. Proses ini masih panjang, tapi harus dimulai,” kata Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dalam sambutannya.

 

Luncurkan Media Center

Selain meresmikan pusat informasi, Pemkot Surabaya juga meluncurkan layanan Media Center. Ini berguna sebagai Quick Response (Reaksi Cepat) dari Pemerintah Kota terhadap keluhan warga.

“Ada enam saluran yang kami punya. Telepon di 031-5456290; bebas pulsa 0800 1404 122, fax  031-5463435, sms 0812 3025 7000, website http://www.surabaya.go.id, facebook : Sapawarga Kota Surabaya, twitter @SapawargaSby , dan email mediacenter@surabaya.go.id ,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Ir. Chalid Buhari.

Media center digagas untuk menampung partisipasi masyarakat baik dalam bentuk keluhan, informasi, maupun saran pada proses pembangunan kota yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Selain itu, Media Center juga berfungsi sebagai fasilitator untuk menghubungkan kebutuhan masyarakat Surabaya dengan Pemerintah Kota Surabaya, dan menjadi jembatan komunikasi antar stakeholder Kota Surabaya untuk mencapai tujuan pembangunan Kota Surabaya.

Keluhan, informasi, atau saran yang masuk ke Media Center selanjutnya akan diproses dan diteruskan ke SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) terkait di Pemerintah Kota Surabaya. Setelah Media Center mendapat jawaban atau konfirmasi dari SKPD, Media Center akan menginformasikannya ke masyarakat yang semula mengajukan keluhan, informasi, atau saran ke Media Center.

“LIPS buka Senin – Jumat jam kerja, kalau Media Centre ada server 24 jam yang terus mencatat. SOP kami 1×24 jam harus ada respon dari SKPD terkait. Transparansi informasi sudah menjadi sebuah keniscayaan dalam tata kelola pemerintahan di era sekarang ini.” pungkas Chalid. (dimasnugraha@mail.kominfo.go.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s