IGOS Nusantara 2006 : Lebih Enak Dipakai dan Gratis!

IGOS Nusantara 2006 : Lebih Enak Dipakai dan Gratis! 

Istilah Nusantara yang satu ini memang tak ada kaitan langsung dengan momen peringatan hari Nusantara yang digelar setiap bulan Desember. Kendati begitu, cita-citanya sama, mengangkat derajat anak bangsa ke pentas dunia dengan mengembangkan potensi anak negeri di bidang teknologi informasi. 

Namanya sederhana, IGOS Nusantara 2006. Piranti lunak besutan anak bangsa yang lahir dari program bertajuk IGOS (Indonesia GO Open Source) yang sudah dirintis sejak tahunan lalu. Software hasil dari penelitian dan pengembangan Pusat Penelitian Informatika Lembaga Pengetahuan Indonesia IPI dan komunitas open source Indonesia ini merupakan piranti yang bisa diutak-atik dan tentu saja gratis. “Pun kini lebih enak dipakai,” ucap Staf Ahli Menristek, Richard Menko. 

Piranti yang diluncurkan Kementrian Negara Riset dan Teknologi Indonesia awal Desember lalu ini diharapkan Richard menjadi solusi untuk mengeluarkan nama Indonesia dari urutan tiga daftar negara pembajak software setelah Vietnam dan Ukraina. Kehadirannya pun menjadi solusi bagi pengguna software legal dan diperkirakan dapat menghemat biaya pengadaan piranti lunak hingga 60 persen. Produk kedua Indonesia setelah Sistem Desktop Nasional ini merupakan turunan Linux Fedora Core 5 yang dilengkapi dengan aplikasi perkantoran open office, aplikasi GIMP untuk pengelolaan grafis dan chatting, Firefox untuk berinternet ria, serta aplikasi Thunderbird untuk email. 

Selain komplit, kelebihan lainnya yaitu, menggunakan bahasa Indonesia dan spesifikasi perangkat kerasnya dapat dijangkau semua kalangan. Penggunanya bisa diakses pada komputer pentium 1 sekalipun. 

Tentangnya Dirjen Aplikasi Telematika Depkominfo, Cahyana Ahmadjayadi berkomentar, “IGOS menjadi solusi strategis untuk menghasilkan produk sendiri”.  

Terlebih pada 2015 berdasarkan hasil konferensi World Summit on the Information Society (WSIS), 50% dari penduduk di seluruh dunia harus sudah terhubung dengan ICT.

“Syarat untuk akses ke masyarakat global adalah dengan adanya infrastruktur, juga kemampuan untuk untuk mengakses berbagai software,” ujar Cahyana. Dan semuanya ada di IGOS Nusantara 2006. Ayo, maju Indonesiaku.***

(dimas@bipnewsroom.info)   

3 thoughts on “IGOS Nusantara 2006 : Lebih Enak Dipakai dan Gratis!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s