cerita di balik layar -desa pengemis (1)

hari pertama kursus singkat dimulai. tanggal dan waktu persisnya lupa. yang pasti saat bulan puasa 2004. anak kampus dah pada mulai libur lebaran. tapi apa boleh buat sang dosen yang freelancer journalist n alumni fullbrifhgt itu baru punya waktu tanggal2 segitu.

“i’m a jewish,” kata adam ellick dosen tamu kami selama 2 pekan ke depan menegaskan kalo dia emang bener2 gak fasting…hehehe..sepertinya kutipan adam ini meruntuhkan perdepatan di milis mediacare beberapa waktu lalu tentang gak perlunya nyantumin agama di KTP. orang bule aja masih punya agama dan gak malu nyebutinnya. masak di KTP doang gak mau. malu ya..gak punya agama…pede aja lagi…heheh

rencananya, kalo gak salah inget, adam bakal ngajar kita selama 4 hari kemudian dia kasih waktu seminggu buat getting dan buat tulisan. kirim ke mail dia, n dia akan datang lagi ke bandung buat ngebahasnya.

o iya, kursus or kuliah ini terselenggara -halah- atas usaha dan kerja keras herlina agustin n dadang rahmat dua sejoli jurnal yang dah rela mengorbankan waktu, harta, dan tenaganya untuk jurusan…hehehe..dan juga gw yang menikmati hasilnya…duh belum sempet ngbales sama jurusan neh…

yak…akhirnya mulailah dia bercerita tentang narrative journalisme, mungkin bahasa Indonesianya jurnalisme sastrawi. pake contoh dia njelasinnya. asyik, keren, kayak novel. yang sempet debat kusirnya..kok bisa dia mendeskripsikan segala macem kondisinya dengan detil gitu. katanya, kejelian melihat situasi dan kondisi. iyalah..percaya aja…namanya juga ahlinya. tapi bener, detil sangat diperhatikan dalam penulisan, beda sama orang kita kali ya.

jadi inget sama paparan anderas harsono pantau waktu ke kampus, kalo gak salah 2002 -2003. pas dia nunjukin hasil getting data dia buat nulis laporan AIR. kacau, panjang banget. tulisan andreas bisa dicari di mbah googe, kalo gak salah from thames to ciliwung. “DETIL..DETIL..DETIL..

Jadi inget sama mas ngarto februana, ornag PDAT Tempo. dulu pernah iseng-iseng berhadiah ikut jadi stringer buat buku apa dan siapa (dah terbit belum ya?). bikin tulisan profil. dia juga bilang gitu, detil..detil, dan detil. mulai dari merek rokok yang dihisap, cara nulis, sampe pernik lain yang dianggap sepele. gak aneh Tempo masih rajanya di bidang yang gituan….

ya 3 hari kami bergelut dengan teori dan contohnya. dengerin dia ngomong dan nyatetin tips2 canggih cara getting data biar valid dan bener…kepake juga buat kerjaan sekarang..

dan hari keempat. disuruh bikin usulan topik liputan. didiskusikan dan kemudian dikasih masukan sama dia. gw awalnya ngusulin tentang anak jalanan di kota bandung, soale mengingat waktu yang cuma seminggu dan harus bikin tulisan dengan gaya baru plus bahasa inggris pula…apalagi standarnya si adam ini tinggi banget…dia hobi banget sama yang namanya data dan detil.

jadilah gw pilih tentang kehidupan anak jalanan di bandung. karena gw pernah liputan panjang tt anak jalanan. dah tau seluk beluk anak kolong bandung. gejala dan channel gw teritung cukup rapi mulai dari LSM sampe pemerintahan. jadi ada quote yang mungkin bisa gw dapetin dalam seminggu itu.

alasan itu juga yang gw ungkapkan ke adam. agak lebih mungkin gw nulis tentang anak jalanan dalam waktu seminggu. dianya sih, tidak menyarankan gw ambil tulisan itu. katanya,”biar lo bisa liat dunia dari sisi lain,”. masih banyak pengalaman seru yang bisa lo nikmati. jangan anggap ini beban, tapi sebuah cerita yang nantinya akan jadi bagian dalam hidup lo. walo dia nyerahin ke kita juga tentang pemilihan ini.

setelah menambahkan sana sini tema tulisan ke gw n 11 anak lain, kuliah selesai dan  akhirnya nganter dia makan plus ke stasiun hall. ya, pertempuran di mulai sejak adam, beli tiket dan naik ke keretanya. “good luck,” kata dia.

………

bersambung seri 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s